PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PM Jepang Bertemu dengan PM Korea Utara

pm

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, seorang figur yang telah lama bersikap keras terhadap Korea Utara, mengatakan pd Selasa 25 September 2018 bahwa dirinya bersedia bertemu dgn Pemimpin Korut Kim Jong-un.

PM Abe, yg setahun lalu memperingatkan di PBB bahwa jendela diplomasi dengan Korea Utara telah ditutup, mengambil nada yang lebih terbuka, tapi tetap berhati-hati dalam pidato terbarunya di Sidang Majelis Umum PBB 2018 di New York. Dia mengatakan bahwa setiap pertemuan puncak akan dikhususkan utk menyelesaikan perselisihan selama puluhan tahun atas penculikan warga sipil Jepang oleh Korea Utara – sebuah isu yang sangat sensitif bagi sebagian besar masyarakat Jepang.

“Untuk menyelesaikan masalah penculikan, saya juga siap untuk memecahkan cengkeraman ketidakpercayaan dgn Korea Utara, memulai awal yg baru dan bertemu langsung dgn Pemimpin Kim Jong-un,” kata Abe berpidato di Sidang Majelis Umum PBB di New York, 25 September 2018, seperti dikutip dari Channel News Asia (26/9/2018).

“Tetapi jika kita ingin melakukannya, maka saya memutuskan bahwa itu harus berkontribusi pda resolusi masalah penculikan,” kata sang PM Jepang. Korea Utara menculik sejumlah warga Jepang pda 1970-an dan 1980-an, memaksa korban utk menjadi pelatih bagi mata-mata Korut dlm bahasa dan budaya Jepang.

Mantan Perdana Menteri Jepang, Junichiro Koizumi, pernah melakukan perjalanan dua kali ke Pyongyang untuk mencari hubungan baru dgn pemimpin terdahulu Korea Utara, Kim Jong-il. Namun dlm pertemuan itu, Korea Utara mengatakan bahwa korban penculikan yg tersisa telah mati – sikap yg kemudian ditolak dengan tegas oleh anggota keluarga dan aktivis Jepang.

Spekulasi telah meningkat belakangan terakhir bahwa PM Shinzo Abe mengajukan diri untuk bertemu dgn Kim Jong-un. Hal itu dilakukan menyusul langkah Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang juga mendekati Kim, yang kemudian memicu kekhawatiran Jepang bahwa mereka dapat tersingikir dari resolusi akhir terkait Semenanjung Korea.

krs/fyk)
Sumber: Liputan 6
Ed – rifanfinancindo