PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PT Rifan – 4 Jurus Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta

gak

 

PT Rifan Financindo Berjangka, Jakarta – Ancaman banjir menghantui di sejumlah titik rawan genangan air di wilayah Jakarta. Data BPBD Jakarta sepekan lalu merilis dua titik banjir yakni wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, memiliki ketinggian 10 hingga 25 sentimeter menggenangi RT 12 dan 13 di RW 04, dan RT 10 dan 11 di RW 05, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Sementara itu di wilayah Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur juga sempat tergenang banjir juga selama 6 jam. Kondisi serupa dialami warga di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Genangan di tempat ini bertahan selama tiga jam sebelum surut pada pukul 04.00 WIB. Menurut BPBD Jakarta, seluruh genangan ini diduga disebabkan oleh luapan Sungai Ciliwung.

Karenanya, Gubernur DKI Anies Baswedan membuat sejumlah gerakan antisipasi. Mulai dari mengumpulkan dinas terkait untuk apel persiapan, hingga membenahi daerah resapan.

Berikut rangkuman empat solusi mantan menteri pendidikan tersebut untuk mengantisipasi banjir di Jakarta:

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau lokasi banjir akibat luapan Kali Sunter di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Minggu malam, 11 November 2018. Banjir mencapai 80 sentimeter kembali terjadi di permukiman warga di kawasan Cipinang Melayu.

Gubernur DKI Anies Baswedan pun berjanji akan segera melakukan pembangunan tanggul permanen untuk mencegah terjadinya banjir kembali. Namun untuk sementara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperkuat bronjongan atau tanggul sementara dari karung pasir.

“Di sini ada tanggul yang pembangunannya terhenti di 2014, ini yang segera ingin kita tuntaskan, tanggul sementaranya ada sambil kita tuntaskan tanggul yang permanen,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Naturalisasi Sungai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki solusi untuk menangani banjir di Ibu Kota. Salah satunya, naturalisasi sungai.

“Ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan,” kata Anies di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).

Istilah naturalisasi sungai ini beberapa kali dilontarkan Anies Baswedan sejak beberapa waktu lalu. Seperti ketika meninjau banjir di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan yang disebabkan tanggul di wilayah tersebut jebol pada pertengahan Desember 2017.

(cha/asp)

Sumber: Liputan 6
Ed – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | PUSAT Headunit.