PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PT Rifan – Barcelona Terancam Didiskualifikasi dari Copa del Rey

ms

 

PT Rifan Financindo Berjangka, Jakarta Barcelona lolos ke babak berikutnya di ajang Copa del Rey. Itu setelah Lionel Messi dan kawan-kawan mengalahkan Levante tiga gol tanpa balas pada leg kedua babak 16 besar Copa del Rey, di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (17/1/2019) waktu setempat.

Dengan hasil tersebut Barcelona lolos karena unggul agregat 4-2 atas Levante. Pada leg pertama Levante menang 2-1.

Namun, seperti dilansir Football Espana, Barcelona menghadapi kemungkinan di-diskualifikasi dari Copa del Rey musim ini. Pasalnya, mereka memainkan pemain yang seharusnya tidak boleh diturunkan di pertandingan leg I saat berhadapan dengan Levante, 11 Januari 2019 lalu.

El Mundo juga melaporkan pemain Barcelona itu adalah Juan Brandariz, atau lebih dikenal sebagai Chumi. Pemain ini diketahui tengah mendapat sanksi bermain karena akumulasi kartu

Laporan tersebut mengutip pasal 56.3 kode disipliner yang menyatakan: “Pemain yang terkena sanksi tidak akan dapat tampil di salah satu dari tim atau klub ini sampai jumlah hari dimana sanksi berlaku berakhir.”

Peraturan

Kemudian, artikel 76 dari Kode Disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol juga menyebutkan: “Klub yang secara tidak tepat menyelaraskan pemain karena tidak memenuhi persyaratan peraturan untuk berpartisipasi dalam pertandingan, akan kehilangan pertandingan ini, menyatakan lawan mereka pemenang dengan hasil tiga tujuan sampai nol, kecuali mereka telah memperoleh skor yang lebih tinggi.

“Jika kompetisi adalah untuk poin, dalam hal ini ini akan dipertahankan, atau jika itu dalam pertandingan eliminasi (seperti yang berlaku dalam kasus ini), hasil yang dipermasalahkan akan diselesaikan untuk kepentingan lawan mereka.”

Kasus Real Madrid

El Mundo mengutip sumber hukum mengklaim pengusiran dari kompetisi untuk Barcelona – yang telah memenangkan tiga edisi terakhir – kemungkinan bisa terwujud.

Barcelona sendiri menampik kabar bahwa telah menggunakan pemain ilegal dalam laga tersebut. Pasalnya, Chumi mendapatkan akumulasi pada kompetisi yang berbeda, sehingga tidak berpengaruh pada laga Copa Del Rey.

 Tiga musim lalu, Real Madrid juga dikeluarkan dari kompetisi karena menurunkan Denis Cheryshev melawan Cadiz.

(cha/asp)

Sumber: Liputan 6
Ed – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | PUSAT Headunit