PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PT Rifan – Emas Dunia & Emas Antam To The Moon, Bikin Rekor Terus

download

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga emas dunia dan emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam terus mencetak rekor terbarunya.
Khusus emas dunia, harganya mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada perdagangan Rabu sore kemarin (5/8/2020). Indeks dolar AS yang kembali merosot menjadi pemicu penguatan harga logam mulai ini, dan dalam beberapa pekan terakhir.

Pada perdagangan Selasa, harga emas dunia mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni US$ 2.019,5/troy ons. Tetapi, kurang dari 24 jam, rekor baru sudah tercipta.

Rabu pagi, harga emas dunia melesat naik ke US$ 2.030,72/troy ons, sebelum terkoreksi turun akibat aksi ambil untung (profit taking). Kini di Rabu sore hari, emas kembali melesat menyentuh level US$ 2.039,23/troy ons, menguat 1,05% dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Level tersebut menjadi rekor tertinggi sepanjang masa (untuk sementara).

Posisi emas sedikit terkoreksi, pada pukul 16:33 WIB berada di level US$ 2.034,03/troy ons, menguat 0,79% di pasar spot. Mengacu data Kitco, pada pukul 22.25 WIB, Rabu malam, harga emas spot di level US$ 2.046/troy ons.

Indeks dolar AS yang kembali melemah menjadi pemicu penguatan emas, bahkan dalam 2 pekan terakhir hingga akhirnya terus memecahkan rekor tertinggi sepanjang masa berkali-kali.

Sore kemarin, indeks yang menjadi tolak ukur kekuatan dolar AS kembali melemah 0,42% berada di level 92,994. Sepanjang bulan lalu indeks dolar AS merosot lebih dari 4% hingga menyentuh level terendah 2 tahun.

Ketika dolar AS sedang murah atau sedang nyungsep, maka harga emas dunia akan lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sehingga permintaan berpotensi meningkat, harganya pun melesat. Dengan kata lain, pergerakan emas dunia dan dolar AS akan berlawanan arah.

Emas Antam

Di sisi lain, rekor juga dicatatkan emas Antam. Harga emas batangan produksi Antam kembali naik mencetak rekor termahal sepanjang sejarah. Kenaikan tersebut mengikuti harga emas dunia yang lagi-lagi mencetak rekor dan menembus di atas US$ 2.000/troy ons.

Berdasarkan data dari situs logammulia.com harga emas batangan 1 gram pada Rabu kemarin dibanderol Rp 1.048.000/batang naik Rp 19.000 atau 1,85% dibandingkan harga Selasa.

Sementara itu harga emas batangan 100 gram (yang menjadi acuan) kemarin juga dibanderol Rp 99.012.000/batang atau Rp 990.120/gram.

Harga emas Antam berkali-kali mencetak rekor termahal sejak bulan Juli, mengikuti pergerakan harga emas dunia. Bahkan tidak menutup kemungkinan harganya masih dalam tren menanjak sebabnya harga emas dunia pagi ini kembali melesat tinggi, bahkan banyak analis yang meramal akan jauh lebih tinggi.
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Why