PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Update Harga Emas Pada Hari Ini, Kamis 7 Januari 2021

download (94)

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga emas Antam di Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang (Antam) terlambat mengalami kenaikan. Pasalnya, di saat emas spot dunia berada dalam tren penguatan, emas antam justru cenderung bergerak datar.

Namun, pada hari ini, Kamis (7/1), emas Antam berhasil naik Rp 6.000 menjadi Rp 981.000 per gram.

Business Manager Indosukses Futures Suluh Adil Wicaksono mengatakan keterlambatan penguatan emas Antam tak terlepas dari tren rupiah yang menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pada akhirnya ini membuat faktor pengali dolar AS per gramnya pun menjadi tidak signifikan sehingga emas Antam cenderung flat.

Secara fundamental emas Antam sebenarnya masih akan menguat seiring emas spot dunia juga akan bergerak naik. Faktor-faktor seperti penyebaran virus Covid-19 yang masih terjadi apalagi dengan adanya varian baru, hingga kebijakan stimulus bank sentral yang akan menjadi katalis positif untuk emas spot dan emas Antam,” ujar Suluh kepada Kontan.co.id, Kamis (7/1).

Sementara dari dalam negeri, Suluh melihat iklim investasi yang semakin tumbuh akan membuat permintaan terhadap emas fisik semakin tinggi, apalagi ketika harganya rendah. Hanya saja, dengan tren rupiah yang sedang menguat bisa menjadi pembatas kenaikan harga emas Antam. Suluh memperkirakan tren pergerakan emas Antam di awal tahun ini masih akan tertahan di bawah Rp 1 juta.

Ke depannya, Suluh bilang prospek harga emas Antam masih akan mengekor pergerakan emas spot. Menurutnya, penguatan emas spot akan lebih signifikan karena tidak terpengaruh oleh nilai tukar rupiah.

Kendati demikian, Suluh menilai masih ada kemungkinan emas Antam untuk bisa kembali menembus level Rp 1 juta per gram layaknya yang terjadi pada tahun lalu. Namun, syaratnya adalah harga emas spot berada di kisaran US$ 2.000 per ons troi dan rupiah ada di kisaran Rp 14.500 per dolar AS.

“Untuk posisi saat ini, mungkin yang sudah beli emas di harga rendah bisa ambil untung sebagian dan sisanya disimpan untuk jangka panjang. Sementara bagi yang hendak beli, bisa tunggu momen emas spot turun dan rupiah menguat. Pasalnya, selama harga masih di bawah Rp 1 juta, emas Antam masih layak untuk dikoleksi,” tambah Suluh.

Terkhusus, Suluh merekomendasikan untuk beli emas Antam dengan pecahan 10 gram ke atas. Hal ini dikarenakan bisa mendapatkan harga per gram yang lebih murah, ketimbang beli pecahan 1 gram.

Sepanjang tahun 2021 ini, Suluh memproyeksikan emas Antam masih punya peluang untuk bisa menembus rekor sebelumnya, yakni Rp 1.056.000 per gram.

 

 

 

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Gfr