PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

PT Rifan – Suasana dan Dekor Unik Stasiun MRT Jelang Peresmian

mrt

 

PT Rifan FInancindo Berjangka, Jakarta – Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta direncanakan beroperasi pada Maret 2019. Pengerjaan fase 1 dari Lebak Bulus sampai Bundaran HI dengan panjang 16 kilometer secara keseluruhan telah mencapai 96,54 persen.

Fase 1 ini nantinya terdapat 13 stasiun yang beroperasi, terdiri dari tujuh stasiun layang yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Enam stasiun bawah tanah lainnya yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas serta Bundaran Hotel Indonesia.

Liputan6.com berkesempatan meninjau secara langsung perkembangan pembangunan Stasiun Senayan yang terletak sekitar 150 meter dari Halte Transjakarta Bundaran Senayan. Penumpang tinggal berjalan kaki menuju stasiun MRT.

Akses ke stasiun ini saat ini masih melalui pintu masuk yang berlokasi di seberang Ratu Plaza atau pintu masuk sisi timur. Sebab, akses masuk di depan Ratu Plaza dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau sisi barat masih dalam tahap pembangunan pembuatan tangga dan pemasangan eskalator.

PT MRT Jakarta berencana mendekorasi dengan tema khusus di setiap stasiun. Untuk Stasiun Senayan, nantinya akan memiliki warna yang didominasi coklat, abu-abu, serta desain stasiun yang ramah dan menyatu dengan area di sekitarnya. Pintu masuk stasiun terletak di area pedestrian yang tingginya di desain mencapai 150 centimeter di atas permukaan jalan.

Sementara di dalam stasiun ini nantinya akan terbagi menjadi dua level. Level pertama atau concourse merupakan tempat untuk kegiatan pembelian dan penjualan tiket serta passanger gate. Di lantai ini, para penumpang MRT melakukan tapping in dan tapping out.

Tak hanya itu, area dengan panjang 200 meter dan lebar 19 meter nantinya juga menyediakan berbagai macam gerai komersial, meliputi makanan, minuman, hingga fesyen. Penumpang akan dikenakan biaya setelah melewati passanger gate. Sehingga, apabila tidak menggunakan MRT, masyarakat masih dapat memanfaatkannya untuk berkumpul di area komersial.

Selanjutnya menuju area level dua atau area peron penumpang. Platform screen door (PSD) atau pembatas antara peron penumpang telah dipasang secara keseluruhan. Passenger information display atau penampang informasi bagi para penumpang yang berisi informasi status kedatangan dan keberangkatan kereta juga sudah terpasang.

(fiq/asp)

Sumber: Liputan 6
Edd – rifanfinancindo
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | PUSAT Headunit.