PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

RI Kecipratan Dampak Negatif Gagal Bayar Utang Yunani ke IMF

1126138shutterstock-1169742221780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Indonesia disebut turut terkena dampak atas kegagalan Yunani membayar utang kepada International Monetary Fund (IMF). Hal tersebut menyebabkan sentimen negatif khususnya terhadap investasi.

“Jadi sentimen terhadap investasi untuk sementara akan terganggu di mana-mana,” ungkap Pengamat Ekonomi dari Asian Development Bank (ADB) Edimon Ginting kepada Okezone, Jakarta.

Tidak hanya itu, Edimon juga menyatakan, kegagalan Yunani tersebut membuat nilai tukar Rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Sehingga, dianggap tidak ada kemajuan dalam perekonomian global.

Akan tetapi, dampak tersebut tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja. Sebab, negara-negara lain khususnya emerging market akan turut mengalami guncangan di pasar keuangan.

“Itu kan jadi dampaknya ke semua. Karena ada sentimen itu,” ujar Edimon.

Seperti diketahui, hingga saat ini pemerintah Yunani dan IMF belum mencapai kesepakatan mengenai utang Yunani yang akan jatuh tempo sebesar 1,6 billion euro. Padahal, paket dana talangan Yunani dari zona euro senilai 245 miliar euro akan habis pada 30 Juni mendatang.

Ketika tenggat waktu tinggal hitungan hari, masih ada perbedaan serius soal persyaratan perombakan kebijakan dan pemotongan anggaran. Tanpa paket bantuan baru, Yunani tidak akan mampu melunasi utangnya tersebut.

Sumber: http://economy.okezone.com/