PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Rifan Financindo ; Mengenal Asal-usul Investasi Bentuk Koin Emas Dinar

3.bp.blogspot

Rifan Financindo-?Di Indonesia ada beberapa jenis bentuk fisik emas untuk investasi yang beredar; emas antam, perhiasan dan koin. Dari semua jenis emas fisik untuk investasi emas tersebut, koin emas dinar memiliki karakteristik yang paling unik. Walau di Indonesia masih tidak dipandang sebagai uang, namun koin dinar tetaplah masih sebuah mata uang yang berlaku untuk dijadikan alat transaksi, walaupun di sini lebih banyak dperjualbelikan.

Koin emas dinar di Indonesia bisa ditemukan di berbagai toko emas khusus penjual koin dinar yang merupakan bagian dari jaringan WIN alias Wakala Induk Nusantara. Sebenarnya ada juga varian koin perak, tetapi yang paling laku untuk investasi adalah koin emasnya. Jika ingin melakukan investasi emas dengan mengumpulkan koin dinar, ada baiknya Anda mengetahui rincian dan asal-usulnya.

Ragam Bentuk dan Pecahan Koin Dinar Emas

Koin dinar yang dijadikan alat investasi di Indonesia memiliki beberapa ragam ukuran dan nilai; koin yang dalam bahasa Inggris disebut dinar golden mint ini memiliki pilihan antara ? dinar, lalu 1, 2, 5 an akhirnya 8 dinar. Sedangkan dari karatnya bisa mencapai 22 karat alias 91.7 persen emas murni serta memiliki berat sekitar 4.25 gram per koin. Jika ingin yang varian perak, tersedia koin dengan berat yang lebih ringan yaitu sekitar 2.98 gram dan dengan pecahan yang sama.

Nilai dari koin dinar ini tak berbeda dengan emas batangan, dan standarnya pun sudah resmi yaitu menurut aturan perhitungan dari lembaga World Islamic Mint. Standar ini sudah berlaku sejak jaman Nabi Muhammad, namun baru dikukuhkan secara legal oleh Umar Ibnu Khattab yang menjabat sebagai khalifah setelah masa sang nabi. Standar nilai yang tak berubah itulah yang menarik minat banyak orang untuk melakukan investasi emas dengan koin.

Pernahkah Anda mendengar kata ?fulus?? Istilah ini tidak lain berasal dari nama koin tembaga, satuan pembayaran terkecil yang nilainya di bawah 0.5 dirham. Akan tetapi, koin yang biasa diperdagangkan atau dijadikan bahan investasi di Indonesia tetaplah dirham emas dan perak. ?Uang dinar yang beredar di Indonesia tak dicetak di Arab, tetapi di Indonesia juga, hanya saja percetakannya tentu harus menuruti standar khusus; dalam hal ini adalah World Islamic Mint untuk otoritas internasional dan Amirat Indonesia untuk otoritas lokal. Jadi, investasi emas menggunakan koin dirham di Indonesia tetap menggunakan aset yang dibuat di Indonesia. Pihak yang mencetak koin emas dinar untuk investasi di Indonesia adalah PT Antam.

Koin Dirham, Sarana Investasi Emas dengan Nilai Tukar

Karena merupakan uang, investasi investasi emas ?dalam bentuk koin dirham tentu saja bisa dijadikan alat tukar biasa selain aset investasi. Penghitungannya juga praktis karena bisa menghitung berdasarkan nilai uangnya. Akan tetapi, kedudukan koin dinar emas di Indonesia hingga saat ini masih dianggap menjadi satu dengan perhiasan, bukan alat tukar. Hal ini tentu membebankan pajak 10% kepada produk koin ini dan biaya produksi karena ada ornamennya. Jadi, untuk biaya cetak, ada beban biaya lagi yang membuat harganya naik sampai 5% dari harga aslinya.

Koin dinar ini memang cukup eksklusif sehingga seringkali menjualnya lebih susah daripada jika menjual perhiasan. Bahkan, banyak orang yang memilih menjual koinnya ke komunitas pecinta koin dinar dan bukannya ke toko biasa, atau menggadaikannya sekalian. Akan tetapi, harga jual koin ini memang terhitung tinggi dan nilainya stabil, dan ini membuat koin dinar menjadi aset investasi emas yang menarik bahkan bagi non muslim. -Rifan Financindo.