PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Rosberg Dihukum Setelah Dinilai Bersalah atas Insiden dengan Hamilton

73e0bed3-ea3c-432b-b8b1-369d0ba54b92_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Nico Rosberg dinyatakan bersalah atas insidennya dengan Lewis Hamilton di putaran akhir GP Austria. Rosberg pun dihukum meski itu tak mengusik posisi finisnya.

Usai balapan di Red Bull Ring, Minggu (3/7/2016), steward FIA langsung melakukan penyelidikan terhadap insiden yang melibatkan dua pebalap Mercedes tersebut.

Pada prosesnya Rosberg, yang finis keempat, dinyatakan sudah bersalah akibat insiden senggolan dengan Hamilton yang melintasi garis finis sebagai pemenang balapan.

Sebagai hukuman, Rosberg mendapatkan penalti waktu 10 detik. Tapi mengingat ia 14 detik lebih cepat dari Daniel Ricciardo (Red Bull) saat melewati garis finis, hukuman ini tidak berdampak pada posisi finis Rosberg di GP Austria.

“Setelah mempertimbangkan bukti ekstensif dari kedua pebalap, video, dan data telemetri, terlihat jelas bahwa Mobil 44 (Hamilton) ada di depan Mobil 6 (Rosberg), lebih daripada sejajar, dan bahwa Mobil 44 mestinya bisa mulus melewati tikungan (T2) lintasan jika tidak ada senggolan. Mobil 66 tidak memberikan ‘ruang balap’ untuk Mobil 44, sehingga Mobil 6 bertanggung jawab atas insiden,” demikian pernyataan steward di Formula1.com.

Selain hukuman tersebut Rosberg mendapatkan dua poin penalti pada musim ini, selain juga diberi peringatan akibat meneruskan balapan dengan sebuah mobil rusak sehingga menyebar ceceran debris mobilnya di atas lintasan. Tetapi steward juga menilai bahwa Rosberg telah berusaha semampunya untuk mengurangi kecepatan dan memperkecil potensi negatif ke pebalap lain di belakangnya.