PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Rupiah Rp13.400, Menguat 45 Poin

\Rupiah Rp13.400, Menguat 45 Poin\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?– Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini dibuka menguat. Rupiah pagi ini menyentuh level Rp13.400-an.

Melansir Yahoofinance, Rupiah menguat 45 poin atau 0,33 persen ke Rp13.450 per USD. Hari ini, Rupiah bergerak dengan angka terendahnya di Rp13.495 per USD, dan angka paling tinggi di Rp13.425 per USD.

Sementara Bloomberg Dollar Index mencatat, Rupiah pada perdagangan Spot Exchange Rate di Asia, bergerak naik Rp45 atau 0,36 persen ke Rp13.459 per USD. Adapun kisaran perdagangan Rupiah hari ini, berada di kisaran Rp13.429-Rp13.500 per USD.

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan, maraknya sentimen negatif membuat laju Rupiah meninggalkan teritori positifnya sejak perdagangan kemarin. Sehingga membuka peluang Rupiah berada pada tren pelemahannya.

“Apalagi pelaku pasar cenderung menjauhkan diri dari pasar sehingga laju Rupiah pun berpotensi kembali tertekan meski kami tidak berharap kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. Laju Rupiah akan berada di level Rp 13.566-13.500 per USD,” jelas Reza dalam risetnya, Senin (22/2/2016).

Menurutnya, sentimen positif dari penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI) telah terlewati. Pasalnya kemarin sempat ramai diberitakan salah satu media online yang memberikan terkait isu adanya pembatasan net interest margin (NIM) terhadap industri perbankan. Akibatnya Rupiah pun terkena imbasnya.

Selain itu, pada spot antar valas kemarin, pergerakan USD sebagai mata uang acuan dunia terlihat bervariatif terhadap beragam mata uang dunia. Hal itu juga menjadikan Rupiah bergerak tak menentu.

“Variatifnya laju USD terhadap sejumlah mata uang tersebut memberikan sentimen variatif terhadap laju Rupiah sehingga laju Rupiah cenderung tidak banyak berubah,” pungkasnya.

 

Sumber:?http://economy.okezone.com/