PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Saham Asia Menguat Pasca Rilis Final GDP Jepang

saham asia kuat

 

Saham Asia menguat mengirim indeks regional menuju level tertingginya lebih dari tujuh bulan terakhir, karena yen memperpanjang penurunannya dibandingkan rekan-rekan mata uang utama pasca pertumbuhan ekonomi Jepang tumbuh melebihi estimasi memicu optimisme atas prospek perekonomian global. Tembaga rebound dari harga terendah dalam satu bulan terakhir.
Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,3 persen pukul 09:14 pagi di Tokyo, naik hari ketiga. Indeks Topix Jepang dan Kospi di Seoul naik sebesar 0,4 persen dengan pasar finansial Australia tutup karena libur. Indeks Standard & Poor 500 berjangka mendatar, mengikuti kenaikan indeks ke rekor baru tertingginya pada jumat lalu. Mata uang yen Jepang turun tipis 0,1 persen ke level 102,60 per dolar setelah tergelincir 0,7 persen pekan lalu, sementara ringgit Malaysia dan won Korea menguat. Tembaga naik 0,1 persen.
Ekonomi Jepang, perekonomian Asia terbesar kedua, memperluas pertumbuhan PDB tahunan menjadi 6,7 persen pada kuartal pertama, melebihi dari pembacaan awal 5,9 persen dan perkiraan median ekonom sebesar 5,6 persen. Data itu muncul setelah data nonfarm payrolls AS naik lebih dari yang diperkirakan sebanyak 217.000 pekerja pada bulan Mei dan ekspor China mengalahkan proyeksi, naik sebesar 7 persen bulan lalu bahkan saat impor jatuh, sebuah rilis laporan kemarin menunjukkan.
Sumber: Bloomberg