PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Saham Asia Turun dari Level Enam Tahun Tertinggi

saham as

Saham Asia turun dari level tertingginya dalam enam tahun terakhir, menyeret indeks acuan regional turun untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir akibat penguatan yen yang membebani prospek pendapatan bagi eksportir Jepang.
Indeks MSCI Asia Pacific Index turun sebesar 0,2 persen ke level 147,36 pukul 09:01 pagi di Tokyo, sebelum pasar finansial Hong Kong dan China dibuka. Federal Reserve akan mempublikasikan risalah dari pertemuan bulan Juni besok, Goldman Sachs Group Inc menjadi bank terakhir yang memproyeksikan kedepan bahwa tingkat suku bunga acuan AS akan meningkat.
Saham Asia pekan lalu catat kenaikan mingguan beruntun kedelapan, kenaikan beruntun terpanjang sejak 2012 lalu dan kemarin ditutup pada level baru tertingginya sejak Juni 2008 lalu.
Indeks Topix Jepang tergelincir sebesar 0,5 persen karena yen diperdagangkan mendatar pada level 101,82 per dolar pasca menguat sebesar 0,2 persen kemarin. Indeks Australia S&P/ASX 200 stagnan. Indeks Kospi Korea Selatan tergelincir sebesar 0,1 persen dan Indeks NZX 50 Selandia Baru melemah sebesar 0,4 persen.

Sumber: Bloomberg