PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Samsung: Selamat Tinggal ‘CD-ROM’?

Samsung: Selamat Tinggal CD-ROM?
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Siapa yang tidak kenal drive berbasis optik macam CD-ROM dan teman-temannya. Dulu perangkat ini adalah hal wajib yang harus ada di komputer. Kini sinyalemen kepunahannya seakan mulai dibisikkan Samsung.

Sejatinya Samsung tidak bikin drive optik sendirian, produsen Korea Selatan ini menggandeng Toshiba untuk menggarapnya. Namun meski dibuat oleh perusahaan patungan Toshiba-Samsung yang dinamai Toshiba Samsung Storage Technology (TSST), drive optik semacam CD-ROM hingga yang paling baru adalah BD-RW hasil kolaborasi kedua perusahaan dijual dengan merk Samsung.

Tapi kerjasama Toshiba-Samsung bisa jadi bakal berakhir, sebab dilaporkan kedua perusahaan memutuskan berhenti bikin drive optik. Samsung sendiri sengaja menggandeng Toshiba untuk bikin drive optik lantaran perusahaan Jepang ini memiliki paten dan lisensi teknologi kepingan disc.

Apakah ini artinya era kejayaan CD-ROM dan sejenisnya akan berakhir? Sepertinya belum, sebab LG yang menggandeng Hitachi sepertinya masih terus memproduksi drive optik. Itu belum termasuk produsen-produsen lainnya yang juga masih memasarkan drive optic besutannya masing-masing.

Selain itu kabarnya penghentian produksi drive optik juga bukan untuk selamanya. Samsung dan Toshiba disebut tengah menggodok drive optik terbarunya. Kedua perusahaan berkomitmen untuk mendominasi pangsa pasar drive optik hingga 50%.

“Adalah benar kalau TSST sudah menghentikan produksi mulai pertengahan April. (Tapi) kami akan melanjutkan bisnis drive optik secara agresif untuk meraih sekitar 50% pangsa pasar. (Kami akan) akan merilis drive optik baru ke pasar,” kata seorang Manager Sales TSST kepada KitGuru, seperti dikutipdetikINET.

Tapi mengingat drive optik makin turun pamornya, analis berasumsi pernyataan tersebut hanya merupakan strategi TSST untuk menjaga kepercayaan para investornya.

Sumber:?http://finance.detik.com/