PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Istilah Perdagangan

A


Actuals

Komoditi fisik atau tunai (termasuk instrumen keuangan) yang tersedia dengan segera atau dalam periode tertentu untuk membedakan dari kontrak berjangka. Juga dikenal sebagai cash commodity, physical commodity, spot commodity.

Actual Price

Harga dari komoditi fisik atau harga dari kontrak berjangka.

Accommodation Trading

Merupakan transaksi fiktif yang dilakukan oleh para pedagang di bursa melalui persekongkolan dengan maksud untuk mempengaruhi harga yang terjadi di bursa. Biasanya transaksi ini dilakukan diatas harga-harga yang sedang berlaku sehingga merupakan tindakan yang termasuk memanipulasi harga dan perbuatan ini terlarang dalam perdagangan di bursa.

Account Executive

Seorang agen dari kantor broker/pialang yang bertanggung jawab dalam berurusan secara langsung dengan nasabah yang menerima upah, umumnya berdasarkan persentase. Tanggung jawab tersebut meliputi dokumen yang diperlukan, menjelaskan peraturan dan tata tertib bursa, memberikan informasi umum, harga dan kondisi pasar serta memasukan order nasabah.

Juga dikenal sebagai AE, Registered Representative (RR), Registered Commodity Representative (RCR), Associated atau Approved Person (AP).

Allowances

Discount atau Premium yang diperbolehkan untuk mutu atau lokasi atau komoditi yang rendah atau lebih tinggi daripada tingkat atau basis mutu atau lokasi yang ditentukan dalam kontrak berjangka.

Approved Delivery Facility

Suatu Bank, tempat penyimpanan ternak, penggilingan, gudang, pelabuhan atau tempat penyimpanan lainnya yang ditetapkan oleh bursa untuk tempat penyerahan komoditi yang ditenderkan dalam kontrak berjangka.

Arbitrage

Suatu tekhnik perdagangan yang dipergunakan oleh pedagang atau Hedger dalam melakukan pembelian dan penjualan komoditi fisik atau kontrak berjangka secara serentak dalam suatu pasar yang sama atau melalui pasar yang berbeda untuk mendapat keuntungan dari perbedaan harga antara 2 (dua) transaksi tersebut.

Abitrageur

Pedagang yang menggunakan strategi arbitrage.

Arbitration

Suatu sistem yang terdiri dari 3 (tiga) pihak yang terlibat dalam negoisasi penyelesaian suatu sengketa antara 2 (dua) pihak. Arbitration adalah seolah-olah proses hukum meskipun begitu menurut hukum mengikat pada pihak-pihak yang terlibat.

Arbitrator

Individu atau panel yang diberi kekuasaan untuk menyelesaikan sengketa dalam arbitration.

At-the-Close

Suatu perintah untuk membeli atau menjual pada harga terbaik selama periode penutupan pasar pada hari perdagangan.

At-the-Market

Suatu order beli atau jual sejumlah kontrak tertentu untuk bulan penyerahan tertentu pada harga terbaik pada waktu order sampai ke lantai perdagangan.

Juga dikenal dengan Market Order.

At-the-Opening

Suatu perintah untuk membeli atau menjual pada harga terbaik selama periode pembukaan pasar pada hari perdagangan.

B

Back Month

Suatu bulan kalender yang aktif dan lebih daripada 90 hari dari bulan berjalan.

Backwardation

Suatu situasi pasar yang sedang mengalami kekurangan suplay, mengakibatkan penjualan-penjualan untuk bulan kontrak terdekat dengan premium (harga lebih tinggi) dan bulan kontrak terjauh dengan discount (harga lebih rendah).

Juga dikenal dengan Inverted Market.

Basis

Perbedaan antara harga berjangka untuk suatu komoditi dan harga spot atau fisik komoditi yang bersangkutan. Perbedaan tersebut dapat disebabkanoleh beberapa factor seperti suppay dan demand komoditi yang bersangkutan serta masalah waktu bentuk produk, mutu, penyimpanan, transportasi dan lokasi.

Basis Grade

Standart mutu suatu kontrak yang dipilih dan dipertimbangkan sebagai mutu yang dapat diserahkan dalam kontrak berjangka suatu bursa. Faktor-faktor diluar basis yang ditetapkan bursa dapat diperhitungkan dengan premium atau discount sesuai dengan ketentuan bursa.

Juga dikenal sebagai Contrak Grade, Deliverable Grade, Deliverable Name, Sample Grade atau par.

Basis Point

Kenaikan atau penurunan paling kecil dari kemungkinan pergerakan harga dalam perdagangan suatu kontrak berjangka.

Juga dikenal sebagai Minimum Price Fluktuation, Point, Tic.

Bearish

Seseorang yang percaya bahwa harga atau pasar akan menurun.

Bearish Market

Suatu situasi pasar yang mengalami penurunan harga, ditunjukan dengan trend penurunan. Trend ini berdasarkan pada penurunan jangka panjang (bulan atau tahun).

Juga dikenal dengan Bearish.

Bid and ask

Harga tertinggi yang dinyatakan (diinginkan) oleh pembeli pada suatu waktu dan harga terendah yang dinyatakan (ditawarkan) oleh penjual yang dicatat pada waktu yang sama.

Break

Suatu penurunan harga yang berjalan cepat, tajam akibat dari berita yang tidak tak terduga-duga.

Broker

Suatu agen yang melaksanakan pembelian dan atau penjualan atas order nasabah dan menerima komisi atau fee atas pelaksanaan tersebut.

Seorang perantara antara pembeli dan penjual.

Brokerage

Suatu imbalan jasa (fee) yang dibayarkan kepada broker untuk melakukan transaksi beli atau jual.

Suatu bisnis yang dijalani oleh broker.

Bucketing

Suatu praktek tidak resmi (illegal) yang dilakukan oleh seorang broker dalam pengumpulan dan dan penerimaan order dari nasabahnya yang transaksinya tidak dilaksanakan pada bursa yang diakui. Dalam praktek baik secara langsung maupun tidak langsung ia mengambil posisi yang berlawanan dari order nasabahnya mengawinkan order dari satu nasabah lainnya tanpa melalui bursa.

Bullish

Seseorang yang percaya bahwa harga atau pasar akan naik.

Bullish Market

Suatu situasi pasar yang mengalami kenaikan harga, ditunjukan dengan trend kenaikan. Trend ini berdasarkan pada kenaikan jangka panjang (bulan atau tahun).

Juga dikenal dengan Bearish.

Buying Hedge

Pembelian suatu kontrak berjangka untuk melindungi terhadap kenaikan harga dimasa mendatang.

Juga dikenal sebagai long Hedge.

C


Carrying Broker

Anggota klirng suatu bursa yang memegang atau mengontrol atau memlihara posisi bukan anggota klirng dan anggota klirng lainnya.

Charting

Penggunaan grafik dan table harga-harga dalam menganalisa suatu kontrak berjangka untuk mendapatkan trend pergerakan harga, perubahan harga, volume transaksi dan jumlah kontrak terbuka (open interest).

Cara menganalisa ini sering disebut dengan Technical Analysis.

Clearing

Suatu prosedur dalam penyelesaian kontrak yang diperdagangkan di bursa, melalui suatu lembaga kliring yang bertindak sebagai pembeli terhadap penjual dan sebagai penjuak terhadap pembeli kontrak berjangka.

Clearing Fee

Sejumlah biaya yang dikenakan oleh clearing house untuk biaya kliring transaksi yang menggunakan fasilitas clearing house.

Clearing House

Suatu lembaga yang bersatu dengan bursa yang bertanggung jawab dalam menangani penyelesaian kontrak mulai dari kontrak didaftarkan, diselesaikan, dijamin, dilikuidasi dan diselesaikan melalui penyerahan komoditi. Penyelesaian keuangan dilakukan melalui organisasi ini.

Clearing Member

Anggota dari claring house. Semua transaksi harus didaftarkan pada clearing house atas nama/melalui anggota clearing house dan proses akhirnya diselesaikan dengan anggota clearing yang bersangkutan.

Clearing Price

Harga resmi yang ditetapkan oleh bursa pada penutupan setiap hari perdagangan dan digunakan sebagai angka sebutan untuk penyelesaian keuangan hari perdagangan bersangkutan dan sebagai limit harga hari-hari mendatang.

Juga dikenal sebagai Settlement Price.

Close-Out

Mengakhiri transaksi dengan jumlah yang sama dan posisi transaksi yang berlawanan dengan posisi semula (beli-jual). Juga dikenal sebagai Offset.

Commission

Basis fee yang dikenakan pada nasabah oleh broker untuk transaksi pembelian atau penjualan. Komisi dapat berupa angka tertentu atau presentase.

Commission House

Suatu perusahaan yang memperoleh fee atas pembelian atau penjualan kontrak berjangka komoditi untuk dan atas beban nasabahnya.

Contango

Suatu situasi pasar yang sedang mengalami kelebihan suplai, mengakibatkan penjualan-penjualan bulan kontrak terjauh dengan premium dan bulan terdekat dengan discount. (lihat Backwardation)

Juga dikenal sebagai Normal Market, Carrying Charges.

Contract

Suatu perjanjian yang mengikat antara pembeli dan penjual dalam suatu transaksi.

Dalam perdagangan berjangka sering dikenal dengan contract unit yaitu jumlah satuaan unit transaksi yang ditetapkan dalam kontrak berjangka.

Contract Month

Bulan kalender suatu kontrak berjangka yang jatuh tempo dan cocok untuk diserahkan. Juga dikenal sebagai Delivery Month.

Contract Hedge

Melakukan hedging terhadap suatu komoditi fisik dengan pengambilan posisi dalam kontrak berjangka yang tidak untuk komoditi yang sama akan tetapi terhadap komoditi lain yang mempunyai korelasi harga yang dekat.

Cross Trading

Transaksi yang dilakuakan oleh seorang broker tanpa melalui prosedur atau mekanisme perdagangan atau tanpa persaingan, dengan cara mempertemukan satu order jual dengan satu order beli yang hanya dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan bursa.

D

Day Order

Suatu order dengan limit harga yang ditempatkan untuk dilaksanakan selama sesi perdagangan, jika tidak dilaksanakan, secara otomatis berakhir atau dibatalkan.

Day Trade

Pembentukan dan pengakhiran posisi yang sama pada perdagangan yang sama pada perdagangan yang sama. Keuntungan dan kerugian dapat ditentukan dengan segera.

Day Trader

Seseorang atau individu yang memulai dan mengakhiri (offset) transaksi dalam satu sesi perdagangan untuk membuat keuntungan yang cepat di pasar.

Juga dikenal sebagai Scalper.

Delivery

Penyerahan dan penerimaan barang secara fisik atau dokumen yang ditetapkan sebagai alat penyerahan yang mencakup jumlah dan jenis komoditi untuk menyelesaikan suatu kontrak berjangka yang jatuh tempo.

Delivey Point

Lokasi dan fasilitas yang ditetapkan oleh bursa untuk komoditi fisik yang disimpan dan diserahkan dalam memenuhi suatu kontrak.

Differentials

Perbedaan harga antara jenis, mutu dan lokasi untuk komoditi yang bersangkutan.

Perbedaan tersebut mendapat premium atau discount untuk yang lebih tinggi (rendah) dari standar yang ditetapkan dalam kontrak berjangka.

Default

Suatu kelalaian dalam melaksanakan kontrak berjangka sebagaimana ditentukan dalam peraturan bursa, seperti lalai dalam memenuhi permintaan margin.

E

Executing Broker

Seorang anggota bursa yang melakukan order untuk rekening diri sendiri dilantai perdagangan bursa.

Erratic

Pergerakan harga yang terjadi di pasar terlalu cepat, penafsiran arah yang cepat dari pergerakan itu sendiri tidak teratur atau tidak menentu.

Emergency

Kejadian atau keadaan perniagaan di bursa yang dapat mempengaruhi atau mengancam pelaksanaan transaksi secara wajar sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dapat mempengaruhi penyerahan komoditi atau mempengaruhi penyerahan komoditi atau mempengaruhi kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa, sehingga memerlukan suatu tindakan dan langkah yang cepat dan tepat untuk menanggulanginya.

Kekuasaan untuk mengambil langkah penaggulangannya dinamakan Emergency Power yang dimiliki oleh Pemerintah atau bursa sendiri.

F

Floor

Lokasi yang disediakan oleh bursa bagi anggotanya untuk bertemu dan melaksanakan order.

Floor Broker

Seorang yang melaksanakan order di lantai perdagangan untuk diri sendiri atau commission house.

Forward Contract

Suatu transaksi jual-beli komoditi fisik dimana antara pembeli dan penjual setuju untuk menerima atau menyerahkan komofiti tersebut dalam jumlah, mutu dan pada waktu tertentu yang akan dating. Harga ditetapkan pada waktu penyerahan dilakukandengan menggunakan dasar harga pada saat itu.

Futures Contract

Suatu perjanjian yang mengikat antara pembeli dan penjual untuk menerima atau menyerahkan komoditi tertentu dengan standar mutu dan bulan penyerahan sesuai dengan peraturan dan tata tertib yang ditetapkan oleh bursa, dimana penentuan harga dilaksanakan melalui sistim open outcry (lelang terbuka ) dan penyelesaian transaksi melalui lembaga kliring (clearing house).

Futures Market

Suatu pasar dimana pedagang membeli dan menjual kontrak berjangka untuk menerima atau menyerahkan sejumlah dan mutu komoditi tertentu pada suatu waktu tertentupada suatu waktu mendatang yang ditentukan. Semua kontrak berjangka ditetapkan oleh bursa.

H

Hedging

Suatu tindakan dalam mengambil posisi di suatu pasar berjangka berlawanan dengan posisi yang dimiliki di pasar fisik untuk tujuan memperkecil resiko kerugian sebagai akibat perubahan harga yang tidak menguntungkan.

I

Initial Margin

Dana tunai atau surat berharga nasabah yang disetorkan kepada broker sebagai tanggungan bagi pemenuhan kontrak berjangka pada saat membuka posisi baru.

Dana yang sama yang disetorkan broker anggota kliring kepada Lembaga Kliring atau Clearing House disebut Original Margin.

Inverted Margin

Suatu keadaan di pasar berjangka dimana harga-harga kontrak berjangka untuk bulan penyerahan terdekat lebih tinggi dari bulan penyerahan terdekat lebih tinggi dari bulan penyerahan yang lebih jauh.

Keadaan yang sam juga dikenal sebagai Backwardation dan keadaan sebaliknya dikenal sebagai Normal Market atau Contango.

L

Last Trading Day

Hari terakhir kontrak berjangka untuk bulan penyerahan berjalan dapat diperdagangkan, diman saat penyerahan barang sesuai kontrak harus dilaksanakan sesuai kontrak harus dilaksanakan sesudah tempo hari tersebut. (hari kontrak jatuh tempo).

Limit Up & Down

Batas maksimim perubahan harga (naik atau turun) dari harga kliring (settlement) hari sebelumnya yang diperkenankan pada suatu hari perdagangan atau suatu sesi perdagangan tersebut. Juga dikenal sebagai Price Limit.

Liquid Market

Suatu keadaan di pasar berjangka dimana pembelian atau penjualan dapat dengan mudah dilakukan dengan perbedaan harga yang kecil.

Liquidation

Suatu transaksi yang dilakukan untuk menghapuskan atau mengurangi posisi beli (lonng) kontrak berjangka atau disebut settle.

Pengertian lain adalah keadaan pasar dimana jumlah kontrak terbuka (open interest) menyusut atau menurun.

Long

Seseorang yang membeli suatu kontrak berjangka untuk membuat satu posisi di pasar berjangka atau posisi yang mengharuskan seseorang menerima penyerahan komoditi dari kontrak yang jatuh tempo atau seseorang yang memiliki persediaan komoditi fisik.

Keadaan sebaliknya dikenal sebagai short.

M

Margin

Sejumlah dana yang harus dipertahankan seorang nasabah kepada broker anggota kliring dari suatu bursa atau oleh broker kepada lembaga kliring untuk menjamin broker atau lembaga kliring yang bersangkutun terhadap setiap kerugian yang mungkin terjadi bagi kontrak terbuka.

Margin bukan merupakan bagian pembayaran dari suatu pembelian.

Maintenance Margin

Sejumlah dana yang harus dipertahankan sebagai deposit sepanjang waktu selama masih memiliki posisi kontrak terbuka. Apabila terjadi perubahan harga yang berakibat jumalh nilai margin berkurang sampai pada batas atau berada dibawah batas Maintenance Margin, karena mengalami kerugian, maka dengan segera (serta merta) harus menanbah kembali jumlah margin hingga mencapai margin penuh.

N

Nearby

Suatu bulan terdekat dengan bulan-bulan penyerahan dari kontrak berjangka suatu komoditi.

Negotiable Warehouse Receipt

Suatu dokumen yang sah yang diterbitkan oleh sebuah gudang atau perusahaan perdagangan yang memuat dan memberi jaminan mengenai keeberadaan atau tersimpannya sebuah komoditi dengan mutu tertentu dalam gudang yang bersangkutan. Dokumen ini dapat dipergunakan sebagai pegangan penyerahan fisik karena dokumen tersebut dapat digunaskan untuk mengambil komditi pada gudang yang bersangkutan.

Net PositionJumlah kontrak terbuka yang diperoleh dari perbedaan antara jumlah kontrak beli yang masih terbuka dengan jumlah kontrak jual dalm setiap kontrak berjangka.

O

Open Interest

Jumlah kontrak-kontrak berjangka suatu komoditi yang telah terjadi dan belum dilikuidasi atau belum dilakukan penyerahan untuk bulan penyerahan tertentu atau dari suatu pasar berjangka pada suatu waktu.

Open Outcry

Suatu cara dari lelang umum dan terbuka untuk melakukan tawar menawar dengan mengeluarkan suara yang cukup keras dalam arena perdagangan yang sering disebut pit atau ring di bursa.

Original Margin

Sejumlah dana penuh sebagai syarat untuk membuat posisi suatu kontrak berjangka. Biasanya antara 5- 15% dari seluruh nilai kontrak yang bersangkutan.

P

Position

Suatu keinginan masuk ke pasar untuk membeli atau menjual satu atau lebih kontrak-kontrak berjangka.

Position Limit

Jumlah kontrak terbuka maksimum yang boleh dikuasai seorang nasabah atau seorang broker untuk satu komoditi, satu bulan penyerahan atau seluruh bulan penyerahan yang dibenarkan sesuai dengan peraturan bursa.

Prearranged Trading

Transaksi antar broker dalam kaitannya dengan suatu kesenjangan atau persetujuan secara diam-diam atau telah ada persetujuan sebelumnya.

Transaksi ini biasanya terlarang dalam suatu bursa karena harga yang terbentuk menjadi tidak bersaing.

R

Range

Perbedaan antra harga tertinggi dan harga terrendah dari suatu komoditi selama jangka waktu tertentu.

Recovery

Suatu pergerakan harga komoditi yang mengarah atau cenderung naik setelah terjadi penurunan.

Roundturn

Suatu cara perhitungan komisi yang merupakan gabungan dari pembelian atau penjualan kontrak berjangka pada saat masuk pasar dan penjualan atau pembelian pada waktu keluar pasar (offsetting) dengan jumlah dan bulan penyerahan yang sama.

S

Scalper

Pedagang di lantai bursa yang melakukan pembelian dan penjualan secara cepat dengan sedikit keuntungan atau kerugian. Biasanya ia memegang posisi hanya untuk satu jangka waktu yang singkat selama satu periode perdagangan (session).

Selling Hedge

Penjualan suatu kontrak berjangka untuk melindungi terhadap penurunan harga di masa mendatang. Juga dikenal sebagai Short Hedge.

Settlement Price

Harga resmi yang ditetapakan oleh bursa pada saat penutupan setiap hari perdagangan yang digunakan sebagai harga patokan bgi penyelesaian keuangan pada hari yang bersangkutan dan limit harga bagi hari perdagangan berikutnya.

Spread

Pengambilan posisi dalam pasar berjangka untuk membeli dan menjual kontrak berjangka pada saat yang bersamaan dengan bulan penyerahan yang berbeda untuk jenis komoditi yang sama atau jenis komoditi yang berbeda dalam bulan penyerahan yang sama, atau untuk komoditi dengan bulan penyerahan yang sama di dua pasar yang berbeda, dengan tujuan menarik keuntungan sehubungan dengan perubahan harga antar komoditi, antar bulan penyerahan ataupun antar pasar. Juga dikenal sebagai Straddle.

Switch

Suatu tindakan penghapusan (likuidasi) posisi terbuka dari suatu bulan penyerahan dan bersamaan dengan itu membuka posisi baru untuk bulan penyerahan dalam jumlah dan untuk komoditi yang sama.

V

Variation Margin

Suatu penambahan margin untuk mengembalikan ketingkat margin penuh (original margin) akibat kerugian atau penarikan sebagian margin sebagai hasil keuntungan.

Permintaan tambahan margin dari lembaga kliring kepada anggota kliring atau dari anggota kliring kepada nasabahnya dikenal sebagai Margin Call.

W

Warehouse Receipt

Suatu dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan pergudangan yang diakui oleh bursa melalui suatu persyaratan dan peraturan tertentu. Dokumen ini digunakan untuk melakukan penyerahan komoditi dari kontrak berjangka.