PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Ini Sebabnya Orang Cenderung Ingin Ngemil Makanan Asin Saat sedang Stres

f308e809-aa0a-4917-b518-dcd3bdbe985e_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Umumnya, makanan menjadi salah satu ‘alat’ bagi seseorang untuk meredakan stres yang ia alami. Salah satu jenis yang paling sering dicari ketika seseorang sedang stres yakni makanan asin.

Menurut survei terbaru perusahaan yang bergerak di bidang riset pasar, Mintel, sebanyak 61 persen pria mengaku lebih banyak mengonsumsi makanan ringan asin ketika mereka merasa tertekan dan stres. Hmm, mengapa hal ini bisa terjadi ya?

Penelitian terbaru pada hewan dari University of Florida menunjukkan bahwa mengonsumsi garam benar-benar bisa mengurangi jumlah hormon stres seperti kortisol yang dilepaskan selama seseorang mengalami stres psikologis. Demikian disampaikan ketua peneliti, Eric Kause, PhD.

“Dan kemungkinan efek yang sama juga terjadi pada manusia. Sehingga, wajar ketika stres Anda lebih tertarik dan ingin mengonsumsi makanan asin,” kata Kause, dikutip dari Men’s Health.

Selain itu, diketahui pula bahwa tingkat hormon oksitosin (hormon yang berkaitan dengan perasaan senang dan nyaman) juga akan mengalami peningkatan ketika kadar natrium meningkat. Meski begitu, Kause mengingatkan jangan terlalu banyak pula mengonsumsi makanan asin dengan dalih meredakan stres yang dialami.

Baca juga: Punya Gejala Ini? Tanda Anda Stres Berat

Sebab, menurutnya meningkatkan kadar natrium pada tubuh sebanyak 1 sampai 2 persen saja sudah cukup menekan produksi hormon stres. Krause mengungkapkan, satu bungkus keripik kentang ukuran sedang sudah cukup membantu Anda mengatasi stres yang dialami.

“Hati-hati dengan makanan asin yang Anda pilih. Terlalu banyak keripik atau kentang goreng misalnya, akan membuat tubuh mendapat asupan lemak dan kalori yang tinggi,” kata Kause.

Sementara, pakar diet Alan Aragon, MS menyarankan konsumsilah kacang untuk memenuhi tambahan asupan asin. Sebab, menurut Aragon kacang kaya akan lemak sehat yang terbukti bisa membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Pilihan lainnya, Anda bisa menaburi garam laut pada irisan wortel, timun, atau tomat.

“Menurut Dietary Guidelines for Americans tahun 2015-2020, batasi asupan natrium Anda maksimal 2,3 gram per hari. Jika Anda memiliki hipertensi, batasi asupan natrium maksimal 1,5 gram per hari,” kata Aragon

 

Sumber:?Detik