PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Sentimen Kenaikan PMI China, Bursa Saham Asia Menguat

saham asia

Bursa Saham Asia menguat akibat Indeks manufaktur China catat kenaikan pada laju tertingginya dalam 5 bulan terakhir dan pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut menyatakan bahwa mereka akan memangkas rasio persyaratan cadangan kas bagi beberapa perbankan.

Indeks MSCI Asia Pacific catat gain sebesar 0.2% ke level 142.09 pukul 9:02 pagi waktu Tokyo. Volume perdagangan saham diseluruh regional akan lebih rendah dari rata-rata dengan bursa saham di China, Hong Kong dan Selandai Baru libur pada hari ini karena hari libur nasional. Indeks Topix Jepang menguat 0.9% dan Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0.3%. Indeks S&P/ASX 200 Australia melemah 0.1%.
Indeks PMI (Purchasing Managers Index) China bulan Mei lalu naik 50.8, hal itu menurut rilis data dari National Bureau of Statistics dan China Federation of Logistics and Purchasing kemarin di Beijing, kenaikan tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak Desember tahun lalu dan melampaui perkiraan rata-rata para ekonom pada survei Bloomberg. Para otoritas China mengurangi rasio persyaratan cadangan kas bagi beberapa perbankan guna mendukung pertumbuhan ekonomi.
Sumber : Bloomberg