PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Sentimen Ukraina, Emas Stabil Dibawah Level $1,300

emas

Emas stabil di bawah level $1,300 per ounce akibat para investor fokus pada ketegangan Ukraina dan menunggu rilis data ekonomi AS, sementara palladium dekati level 13-1/2 tahun tertingginya terkait kekhawatiran kemungkinannya Negara Barat memberikan sanksi kepada Russia.
Spot emas flat pada level $1,286.60 per ounce pukul 00:35 GMT.
Presiden Ukrainia Petro Poroshenko telah menuduh Russia pada hari Senin lalu terkait agresi langsung dan terbuka yang dia nyatakan telah mengubah keseimbangan pertempuran secara radikal setelah pasukan militer Kiev menerima balasan dari pasukkan separatis pro-Moscow.
Dalam serangkaian krisis pada pekan lalu, militer Ukraina menyatakan telah menarik diri dari mempertahankan obyek vital bandara di Timur Ukraina, dekat Kota Luhansk, dimana para pasukannya bertempur dengan battalion tank Russia.
Permintaan aset safe-haven pada emas telah stabil, meskipun baru-baru ini krisis Ukraina yang semakin memburuk seiring penguatan dollar dan ekuitas.
Sementara kepemilikan pada SPDR Gold Trust, reksadana berbasis emas terbesar di dunia yang diperdagangkan di bursa baru-baru ini merosot, sementara permintaan fisik juga berkurang.
Pasar Bullion saat ini sedang menunggu rilis data manufaktur PMI AS dan belanja konstruksi guna mengkaji ekonomi terbesar di dunia tersebut.
Sumber : Reuters