PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Sering Terjadi Kecelakaan, Tips Mudik via Tol Cipali

\Sering Terjadi Kecelakaan, Tips Mudik via Tol Cipali\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Beberapa minggu lagi, hari raya idul fitri akan tiba. Sebagian masyarakat Indonesia pun berbondong-bondong untuk mudik ke kampung halamannya.

Tak heran jika tiap tahunnya musim mudik selalu terjadi kecelakaan lalu lintas dari berbagai macam faktor. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan mudik khususnya melalui jalur darat.

Pengamat transportasi darat Djoko Setijowarno memberikan tips-tips bagi pengendara yang ingin menjalankan mudiknya melalui jalan tol Cikopo-Palimanan (Cikopo). Melihat akhir-akhir ini, jalan tol tersebut mengalami kecelakaan yang sebagian besar karena faktor human error.

“Intinya, kendalikan pengemudinya untuk berhati-hati dan berwaspada. Sebelum mudik, periksa mobil dalam kondisi bagus seperti ban,” ujar Djoko, saat dihubungi Okezone, Selasa (30/6/2015).

Tips lainnya, Djoko melanjutkan, sepanjang 116 kilometer (km), maksimal pengendara menempuh 110 km per jam. Jika pengendara mengantuk, obatnya adalah tidur. Minimal pengendara butuh istirahat satu kali saja dalam waktu 1,5 jam.

“Yang penting konsentrasi karena kendaraan saat Lebaran tiba pasti banyak. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tidak sembarangan melepas tol, persoalannya ini persoalan manusia, sementara standarnya adalah keselamatan,” ucapnya.

Djoko mengaku, kecelakaan di jalan tol Cipali merupakan human error. Jika pengendara mengantuk, harus istirahat, jadi sebagai pengemudi harus aware melihat kondisi kendaraannya.

“Supir menjadi faktor utama dalam pengendali dan kondisi harus prima,” ungkapnya.

KemenPUPR secara minimalisir sudah memenuhi standar minimal. Jalan tol Cipali yang sebelumnya merupakan daerah sawah dan hutan kecil, banyak hewan yang berkeliaran di jalan tol. Sehingga, jalan tol perlu diperhatikan.

“Meskipun rambu-rambu sudah memadai, jangan menempuh dengan kecepatan inggi. Sudah diberitahu kembali lagi ke pengemudi untuk berhati-hati,” tuturnya.

Djoko berharap, fasilitas-fasilitas di jalan tol Cipali seperti rest area memiliki tempat yang cukup bagus. Minimal pengemudi bisa beristirahat seperti tidur di masjid.

Sumber: http://economy.okezone.com/