PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Sisihkan Uang Banyak Dari Jatah Bulanan Dengan 10 Trik Hemat Ini

Sisihkan Uang Banyak Dari Jatah Bulanan Dengan 10 Trik Hemat Ini
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?- Siapa bilang menghemat uang banyak itu sulit? Mungkin sebagian besar dari kamu akan berpikir bahwa menghemat uang hingga ratusan ribu itu terlalu menyusahkan. Rasanya seperti makan sekali sehari dengan mie instan. Padahal, tidak begitu.

Kalau kamu cermat memilih metode berhemat, menyisikan uang ratusan ribu itu tidaklah sulit, malah terlalu mudah. Yang kamu perlukan sekarang adalah disiplin dan membiasakan diri, lalu coba terapkan beberapa trik berhemat ini agar kamu bisa menambah pundi-pundi uang dengan lebih banyak lagi.

  1. Agar jatah uang bulanan tidak berkurang karena denda atau bunga. Konsisten membayar tagihan dengan rutin dan tepat waktu. Tagihan yang dimaksud adalah tagihan listrik, air, kartu kredit, atau hutan.
  2. Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan, buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Tanpa daftar belanja, kamu akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tak diperlukan.
  3. Daripada membeli makanan di luar yang harganya relatif mahal, lebih baik masak sendiri. Karena hanya dengan uang Rp 15.000 kamu sudah bisa membeli dua ikat kangkung dan setengah kilo telur untuk dijadikan hidangan seharian.
  4. Agar tidak bosan, masaklah variasi menu yang berbeda. Meskipun dengan menggunakan bahan yang sama, coba variasikan ke menu lain. Misalnya kamu membeli telur sekilo. Dalam seminggu kamu bisa memasak scrambled egg, omlet, telur ceplok, telur balado, dan lain-lain.
  5. Belanjalah sendirian. Karena semakin banyak orang yang kamu ajak belanja, akan semakin banyak juga pengeluaran yang kamu lakukan. Hal ini dibuktikan oleh Studi yang dilakukan oleh Marketing Science Institute, dalam pengamatannya mereka menemukan bahwa, 65% barang yang dibeli saat belanja bersama orang lain adalah barang-barang yang tidak berguna. Jadi, tinggalkan anak-anak di rumah dan belanjalah sendirian.
  6. Pertajam instingmu pada barang-barang yang sedang promo atau berbagai diskon, kupon, dan cashback.
  7. Buatlah budget setiap bulannya lalu masukan uang belanja ke dalam amplop. Saat belanja pun kamu hanya boleh membawa amplop tersebut. Jangan ada tambahan seperti kartu debit atau kartu kredit. Dengan begini kamu pasti akan berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu.
  8. Saat sedang santai di rumah, coba pikir-pikir lagi kalau ingin menggunakan AC. Jika memang tidak terlalu kegerahan, cukup dinginkan diri dengan kipas angin saja. Selain itu, jangan nyalakan AC terlalu dingin. Karena semakin rendah suhu AC, semakin banyak juga listrik yang digunakan, dengan begitu semakin mahal pula listrik yang harus kamu bayar.
  9. Berhenti ngemil. Sesungguhnya uang yang kamu pakai untuk membeli snack sehari-hari, bisa digunakan untuk membeli beras. Tapi, kalau memang keinginan ngemil kamu tidak tertahankan, minum saja air putih yang banyak. Karena selain jauh lebih murah mengkonsumsi air putih juga lebih sehat.
  10. Terapkan pola hidup sehat dan berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan makan Junk Food.

 

 

Sumber:?http://finance.detik.com/