PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Slideshow Facebook Tantang Google dan Apple

a06b5356-fc6d-4874-8d33-75c5478c7457_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Memposting gambar tidak bergerak lama-lama membosankan. Namun tidak semua orang bisa membuat video menarik. Itu sebabnya, untuk memudahkan pengguna berkreasi, perusahaan teknologi berlomba membuat movie maker versi mereka sendiri.

Bulan ini, Apple mengumumkan Memories di iOS 10 Photos. Sementara Google Photos sebelumnya sudah punya Movies Assistant. Nah, Facebook pun tidak mau kalah membuat Slideshow.

Slideshow sebenarnya sudah diluncurkan Facebook pada Agustus tahun lalu, sebagai pelengkap aplikasi foto Moments. Facebook kemudian mengujinya ke sejumlah pengguna terbatas hingga akhirnya merilisnya secara resmi. Aplikasi movie maker ini untuk sementara baru tersedia untuk pengguna iOS.

Dengan Slideshow, ketika pengguna mengambil lebih dari lima foto dalam satu hari dan akan mempostingnya di status, Facebook akan merekomendasikan untuk dibuat dalam bentuk Slideshow.

“Facebook juga akan memberikan opsi ‘Try It’ ketika seorang pengguna melihat Slideshow hasil karya temannya,” tulis Tech Crunch, Selasa (28/6/2016).

Setiap Slideshow akan otomatis dibuatkan untuk si pengguna, yakni dengan menggabungkan foto, video dan pilihan musik serta tampilan transisi antar foto atau video.

Bukan berarti pengguna tak bisa berkreasi sesuai keinginan. Mereka bisa mengedit, menambahkan atau menghapus gambar, serta mengubah tema yang bervariasi mulai dari Nostalgic, Playful, Night Out, Birthday, Epic, Thankful, Tropical, Bollywood, Amped dan lain-lain.

Selain menantang Memories dan Movies Assistant, Slideshow juga jadi senjata Facebook menyaingi aplikasi serupa milik Snapchat bernama Stories.

“Kami semua tahu bahwa pengguna sangat suka mengambil foto dan berbagi momen apapun, entah berkumpul bersama keluarga, jalan-jalan dengan teman, atau makan siang yang seru. Slideshow adalah fitur menyenangkan yang menggabungkan foto dan video untuk menampilkan momen yang sempurna,” kata Facebook.

Sejumlah fitur ditambahkan Facebook untuk memperkaya pengalaman penggunanya. Belakangan, fitur-fitur tersebut mirip atau meniru dengan fitur yang sudah ada di jejaring sosial.

Pekan lalu, Facebook menambahkan filter wajah untuk platform live video Facebook Live. Meniru Snapchat, pengguna bisa melakukan siaran langsung di Facebook Live, dengan mengaplikasikan beragam filter wajah aneh yang disediakan MSQRD.

Sumber: Detik