PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Super Blue Blood Moon, Selawat Bergema dari Istiqlal | PT RFB

b6505b00-48e1-4892-a5a8-50b6373e3bff_169

Jakarte, PT Rifan Financindo – Para jemaah berkumpul di balkon Masjid Istiqlal, menatap ke arah atas Gereja Katedral. Mereka menjadi saksi fenomena alam langka super blue blood moon.

Di balkon Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018) pukul 19.32 WIB, bulan sabit ada di atas arsitektur gereja yang runcing itu. Tinggal beberapa saat lagi gerhana 152 tahun lalu itu bakal terulang. Lantunan selawat terdengar dari para jemaah di dalam masjid.

Orang kebanyakan mengaktifkan kamera ponselnya, mencoba menangkap momen ini. Ada pula yang melengkapi diri dengan keker binokular.

Ada keluarga Sugeng dari Gambir, Jakarta Pusat yang sengaja membawa tiga binokular. Pria 44 tahun itu mengajak sepasang putra kembarnya yang berusia 10 tahun yakni Galih dan Galuh, juga istrinya yang nampak asyik dengan binokular ukuran lebih kecil.

“Fenomena alam ini jarang terjadi. Apalagi ini ngajak anak si kecil,” kata Sugeng berpeci putih.

Sepanjang hidupnya, memang dia pernah menyaksikan gerhana, namun jenis yang pernah dia alami dulu bukan yang seperti ini. “Ini memberi pelajaran untuk anak saya tentang kebesaran Allah,” kata Sugeng yang meniatkan diri mengikuti salat gerhana berjemaah di Istiqlal.

Ada pula Aan Alamsyah (21) yang mengajak tiga temannya dari Jagakarsa, Jakarta Selatan ke masjid ini. “Sebelumnya saya lihat info di Instagram soal salat gerhana,” kata Aan. Tak lama, azan isya terdengar.

Dia dan temannya, Muhammad Rafli (17), sedang duduk termangu menatap ke bulan yang sebentar lagi tandas oleh bayang-bayang bumi. Tangannya tak terlalu aktif mengaktifkan kamera ponsel seperti kebanyakan orang di sekitarnya, dia memilih menikmati fenomena langka ini dengan lensa matanya.

“Masya Allah banget gitu! Di umur segini saya bisa melihat yang cuma 152 tahun sekali,” kata Aan sambil menunggu waktu salat isya dan salat gerhana pukul 20.00 WIB nanti.

Azan isya berkumandang. Balkon menjadi sepi. Adapun di halaman luar, terlihat ramai para pedagang menjajakan makanan dan barang-barang aksesoris.

Fase gerhana sebagian dimulai pukul 19.48 WIB, gerhana total mulai pukul 19.51-21.08 WIB, gerhana sebagian berakhir 21.11 WIB, dan seluruh proses gerhana berakhir 23.09 WIB.

sumber: detik