PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Susu Bisa untuk Pertolongan Pertama Keracunan | PT Rifan Financindo Berjangka

Mengikat Racun, Susu Bisa untuk Pertolongan Pertama Keracunan Makanan

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Susu adalah minuman yang digemari oleh banyak orang. Di dalamnya terdapat beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh dan tahukah Anda salah satunya bisa sebagai pengikat racun.

Dijelaskan oleh dr Fajar Pradhana Putra dari RSUD Prof Dr M.A Hanafiah bahwa karena bisa mengikat racun konsumsi susu bisa dipakai sebagai langkah pertolongan pertama pada kasus keracunan makanan. Namun tentu ini hanya sementara saja dan bila kondisi semakin parah segera bawa mencari pertolongan medis.

“Kalau seorang pasien makan makanan yang nggak baik untuk dimakan itu kan awalnya sakit perut dulu, baru mual, abis itu muntah. Pas sakit, minum susu itu mengikat racun dan biasanya pasien akan muntah lagi. Nah racun-racun itu bisa terbuang bersama susunya,” kata dr Fajar kepada detikHealth dan ditulis pada Kamis (8/9/2016).

“Kalau sudah muntah hebat, sudah terlalu banyak dehidrasi harus dirawat. Dehidrasi itu sumber kenapa orang keracunan makanan umumnya dirawat karena kalau racunnya sendiri bisa dinetralisir tubuh oleh hati. Kecuali kalau memang zat yang terkonsumsi itu racun banget,” lanjut dr Fajar.

Efek mengikat ini jadi alasan yang sama mengapa ahli tak menganjurkan minum obat dengan susu. Beberapa obat seperti keluarga antibiotik yang mengandung tetrasiklik misalnya akan bereaksi dengan susu sehingga penyerapannya di usus tak maksimal.

“Makanya kalau orang minum obat nggak dianjurkan pakai susu karena bisa mengikat obat jadi bikin kurang efektif,” tutup dr Fajar.

(id, RifanFinancindo)