PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Tak Capai Target, Ekonomi Jepang Hanya Tumbuh ke 1,2%

tak-capai-target-ekonomi-jepang-hanya-tumbuh-ke-1-2-7ReRzQjude

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Ekonomi Jepang menyusut pada kuartal II, dan meskipun belanja modal turun lebih dari yang diperkirakan. Hal ini membuat para pembuat kebijakan di Jepang kembali berada di bawah tekanan untuk memulihkan ekonomi Negeri Sakura tersebut.

Rebound yang diharapkan terjadi pada Juli-September ini tidak terjadi, lantaran output pabrik secara mengejutkan turun pada Juli karena perlambatan ekonomi China telah membuat ekspor Jepang terkoreksi.

“Output pabrik di Jepang pada Juli-September turun, karena ekspor yang lebih rendah pada barang seperti mobil dan mesin listrik,” kata kepala ekonom SMBC Nikko Securities, Junichi Makino, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (8/9/2015).

“Jika belanja konsumen gagal untuk mendorong ekonomi, maka pemerintah harus menyusun anggaran tambahan untuk menopang pertumbuhan,” tambah dia.

Ekonomi terbesar ketiga di dunia ini menyusut menjadi 1,2 persen pada April-Juni, lebih rendah dari estimasi awal 1,6 persen. Adapun perkiraan pasar rata-rata adalah 1,8 persen.

Belanja modal turun 0,9 persen dari kuartal sebelumnya, lebih tinggi dari periode sebelumnya sebesar 0,1 persen dan mengaburkan prospek ekonomi terbesar ketiga di dunia tersebut.

Karenanya, Bank of Japan (BOJ) diperkirakan akan mengambil kebijakan terkait dengan suramnya kondisi perekonomian global, meskipun banyak yang lebih memilih BoJ menunda stimulus untuk saat ini.

 

 

Sumber:?http://economy.okezone.com/