PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Tanpa Ribet, Google Uji Sign In Tanpa Password

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Mengingat password, bagi sebagian orang akan merepotkan. Apalagi kalau lupa, waktu sign inakun bisa jadi lebih lama dan ribet. Google pun mulai menguji solusi untuk masalah ini.

Google memanfaatkan ponsel untuk melakukan log in ke akun. Caranya, setelah melakukan penyetingan di ponsel, ketika pengguna akan log in ke akun Google di perangkat lain, mereka hanya perlu memasukkan alamat email.

Notifikasi di ponsel akan menanyakan konfirmasi bahwa benar si pemilik akun yang akan sign in ke akun. Setelah menyetujuinya, pengguna tinggal masuk ke akun.

Fitur baru ini pertama kali dilaporkan pengguna Reddit bernama Rohit Paul. Laporan Android Police kemudian mengonfirmasi bahwa fitur tersebut saat ini sedang diujicoba ke sejumlah pengguna iOS dan Android.

“Kami mengundang beberapa pengguna untuk menguji cara baru sign in ke akun Google. Tak perlu password seperti ‘Pizza’, ‘password’, ‘123456’, apapun itu,” kata juru bicara Google seperti dilansir Mashable, Senin (28/12/2015).

Selain mengurangi keribetan mengingat password, Google menyebut metode ini adalah bentuk perlindungan dari serangan hacker yang mengandalkan password untuk melakukan operasi phishing.

Tes ini bagian dari sejumlah inisiatif Google untuk meningkatkan keamanan. Google memiliki salah satu layanan otentikasi dua faktor yang paling kuat.

Sang raksasa internet juga memiliki Authenticator, yakni aplikasi yang menghasilkan kode unik pada perangkat mobile untuk mengkonfirmasi identitas ketika masuk ke Google dan layanan web pihak ketiga pada komputer.

Sumber:?http://inet.detik.com/