PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Tantangan Indonesia Untuk Promosi Wisata Kuliner | PT Rifan Financindo Berjangka

f9529f7d-67b9-48f5-a088-e6a5c6239b9f_169

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Kuliner dapat menjadi sarana promosi wisata Indonesia di luar negeri. Namun, masih ada tantangan yang harus dihadapi untuk bisa memaksimalkannya.

Dalam pembukaan Wonderful Indonesia Culinary & Shoppping Festival (WICSF) di Mal Gandaria City, Jakarta, Selasa (27/9/2016) malam, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kuliner termasuk diplomasi ekonomi yang baik. Indonesia yang kaya akan ragam kuliner diharap bisa memanfaatkan keberagaman itu untuk menarik banyak turis datang ke Tanah Air.

“Kuliner adalah diplomasi ekonomi yang paling baik, yang dilakukan suatu negara kalau ingin masuk ke negara lain. Misalnya China ingin masuk ke negara lain start-nya dengan kuliner,” ujar Arief.

Ia mengatakan ada dua tantangan yang harus dihadapi terkait diplomasi kuliner ini. Yang pertama adalah menentukan satu makanan nasional yang jadi andalan, layaknya Italia yang punya pizza serta Jepang dengan sushinya yang terkenal.

“Segera tetapkan national food kita. Mau soto, mau sate, mau rendang. Kita harus memilih memang, andalan kita apa,” tuturnya.

Tantangan kedua adalah membuka lebih banyak lagi restoran yang menjajakan menu makan Indonesia di luar negeri. Selama ini baru ada sekitar 100 restoran Indonesia di negara luar. Jumlah ini masih kalah dengan negara lainnya, seperti Jepang yang jumlahnya telah mencapai puluhan ribu.

“Jepang itu jumlah restorannya 89 ribu, Thailand itu 12 ribu, Malaysia 600. Tapi Indonesia kurang dari seratus,” kata Arief.

Kemenpar pun mengajak investor yang berminat membuka restoran di luar negeri. Nantinya, untuk promosi restoran akan dibantu oleh pihak Kemenpar.

“Kita sudah mulai sebenarnya di China. Investasinya full dari mereka lalu kita promosinya,” tutur pria yang malam itu mengenakan batik.

Pembangunan restoran di luar negeri akan terus dilakukan. Supaya jumlahnya makin banyak, dan kuliner Indonesia semakin dikenal di kancah mancanegara.

“Bulan ini Ridwan Kamil, Bandung, akan buka (restoran) di Kuala Lumpur. Akan kita percepat pembangunan resto kita di luar negeri, agar kuliner kita tak hanya bagus di Indonesia tapi juga di luar negeri,” katanya.

 

RifanFinancindo