PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Tontowi/Liliyana Tuntaskan Penantian 16 Tahun Richard Mainaky | PT Rifan Financindo Berjangka

b329f44c-cd40-4efd-ae40-10ae4a0add79_169

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Harapan Richard Mainaky untuk bisa meraih emas Olimpiade dalam kariernya sebagai pelatih telah terpenuhi. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang berhasil menuntaskannya.

Richard telah menciptakan ganda-ganda campuran top di level dunia. Anak asuhnya telah lengganan meraih juara dunia, All England, dan pada ajang-ajang multievent seperti SEA Games dan Asian Games. Regenerasi juga berhasil dibuat pria asal Ternate itu.

Hanya saja, Richard belum bisa menembus emas Olimpiade. Hasil terbaik yang pernah diraih anak asuhnya pada Olimpiade adalah medali perak. Perak pertama dipersembahkan Trikus Harjanto/Minarti Timur pada Olimpiade 2000 Sydney yang sekaligus menjadi olimpiade pertamanya sebagai pelatih ganda campuran pelatnas. Kemudian yang kedua adalah donasi dari Nova Widianto/Liliyana di Beijing tahun 2008.

Di tahun ke-16 atau olimpiade kelima, Richard berhasil merasakan nikmatnya menggenggam emas. Itu setelah Tontowi/Liliyana menjadi juara.

“Puji Tuhan, kami sangat bersyukur dengan emas yang dipersembahkan oleh Tontowi/Liliyana. Saya ucapkan terima kasih kepada Tontowi/Liliyana. Sebelumnya pada dua olimpiade, ganda campuran dapat perak, kali ini emas oleh Tontowi/Liliyana,” ujar Richard Mainaky, pelatih Tontowi/Liliyana, seperti dikutip Badminton Indonesia.

“Penampilan Tontowi/Liliyana memang bagus, mereka bermain konsisten dari angka pertama. Jujur, mereka memang sangat siap. Kita lihat saja dari babak semifinal, kemenangan atas unggulan pertama (Zhang Nan/Zhao Yunlei ? China) menggambarkan mereka adalah calon kuat untuk juara, dengan catatan mereka tidak lengah,” beber Richard.

“Pola permainan mereka sudah berjalan sejak awal permainan. Memasuki game kedua Liliyana terburu-buru, tapi kemudian mereka bisa counter lagi,” tutur Richard.

Richard juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia yang sudah mendukung dan mendoakan Tontowi/Liliyana dalam perjuangan membawa pulang medali emas ke Tanah Air. Tak lupa ucapan terima kasih Richard kepada mantan pasangan main Liliyana, yaitu Nova.

“Kemenangan ini bukan karena saya saja sebagai pelatih, tetapi juga dukungan dari asisten pelatih, Nova. Dia sangat membantu saya dengan tulus, dia bantu saya sampai capek, makanya saya mau dia ikut kesini (Rio). Terima kasih juga kepada PBSI dan semua tim support atas dukungannya yang luar biasa,” ucap Richard.

(id, RifanFinancindo)