PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Turnamen Game Intel Extreme Master Rebutkan Rp 3,1 Miliar | RFB

29f10144-3d0f-4784-b86a-32c43e3d199b

Jakarta,┬áPT Rifan Financindo Berjangka –┬áSalah satu turnamen olahraga elektronik (e-Sports) terbesar, Intel Extreme Masters (IEM) kembali digelar. Event yang berlangsung di Gyeonggi, Korea Selatan ini akan mempertemukan jawara-jawara dari masing-masing game untuk memperebutkan total hadiah senilai USD 235 ribu atau sekitar Rp 3,1 miliar!

IEM Gyeonggi merupakan hasil kolaborasi antara produsen chipset ternama Intel dengan organisasi olahraga elektronik raksasa Electronic Sports League (ESL). IEM sendiri sudah digelar selama kurang lebih 10 tahun sejak debutnya di tahun 2006 silam.

Selama itulah, berbagai pertandingan game kerap diadakan di berbagai negara. Dan untuk IEM Gyeonggi merupakan perhentian ketiga dari musim yang ke-11. IEM Gyeonggi melanjutkan IEM sebelumnya yang diadakan di Shanghai, China pada tanggal 28 – 31 Juli 2016 dan Oakland, Amerika Serikat pada tanggal 19 – 20 November 2016.

“IEM merupakan turnamen game yang diadakan per musim, bukan per tahun. Dan di musim yang ke-11 ini, kita telah sampai di perhentian ketiga, di mana IEM kembali lagi diadakan di Korea Selatan sejak delapan tahun terakhir atau tepatnya di musim ketiga yang diadakan pada tahun 2008 silam,” ujar MS Kwon, President of Intel Korea dalam konferensi pers yang dihadiri detikINET di Goyang Stadium, Korea Selatan, Jumat (16/12/2016).

Turnamen Game Intel Extreme Master Rebutkan Rp 3,1 Miliar

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama George Woo selaku Intel e-Sports Marketing Manager mengatakan IEM selalu menjadi momentum yang penting untuk memperkenalkan dan memamerkan keunggulan dari produknya. “Dengan IEM kami bisa menunjukkan kepada khalayak akan inovasi dari Intel. Dan tak hanya itu, ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk mendukung komunitas e-Sports itu sendiri,” ujar George.

Korea Selatan sendiri, lanjut George, memiliki lebih dari 20 juta orang yang menikmati e-sport. Karenanya Intel melihat Korsel memiliki pasar yang potensial dan strategis dalam menghadirkan turnamen gaming profesional seperti IEM.

Untuk total hadiahnya sendiri, turnamen yang berlokasi di Goyang Sports Complex, Korea Selatan ini memang tidak memiliki perbedaaan dengan IEM Oakland. Keduanya sama-sama diganjar total hadiah USD 235 ribu atau Rp 3,1 miliar.

Dari total USD 235 ribu, nantinya akan dibagi menjadi beberapa bagian dalam tiga kategori game, yakni League of Legends (LoL), Starcraft 2, dan Overwatch. Untuk LoL dan Overwatch keduanya memiliki total hadiah USD 100 ribu atau 1,3 miliar, sedangkan Starcradft 2 hanya berjumlah USD 35 ribu atau Rp 470 juta.

Selama tiga hari penyelenggaraan, yaitu dari tanggal 16 sampai 18 Desember 2016, IEM Gyeonggi siap diramaikan oleh puluhan tim yang datang dari berbagai negara. Untuk Starcraft 2, turnamen game real-time strategy ini diisi oleh 16 tim yang kebanyakan dari Korea Selatan.

Sementara dalam pertandingan League of Legends, sebanyak delapan tim akan beradu kemampuan untuk memperebutkan mahkota juara pertama. Dan tak ketinggalan turnamen Overwatch diramaikan oleh enam tim yang berasal dari Korea Selatan dan Eropa.

Sama halnya dengan IEM yang diadakan sebelum-sebelumnya, IEM Gyeonggi juga diprediksi akan menyedot ribuan pengunjung. Bersama dengan sejumlah media dari beberapa negara, detikINET berkesempatan untuk menyaksikan pertandingan game akbar di penghujung tahun 2016 ini. (mag/fyk)

id – rfbaxa

PT Rifan Financindo