PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Vitiligo Berpotensi Sebabkan Gangguan Pendengaran, Begini Penjelasan Dokter

fbfcbf86-e9fa-4761-a802-14e60067eaac_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Meskipun tak sampai menimbulkan kematian, vitiligo dapat memberikan gangguan lain pada tubuh, salah satunya adalah gangguan pendengaran. Oleh sebab itu, ada baiknya segera cek ke dokter jika menemui kondisi ini.

Menurut dr Suksmagita Pratidina, SpKK atau dr Gita dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah, vitiligo memang tidak memberikan gangguan yang fatal dan tidak sampai menyebabkan kematian. Vitiligo juga tidak berhubungan dengan kelainan organ, kecuali pendengaran.

“Jadi di telinga dalam ada sel pigmen, tepatnya di rambut-rambutnya, yang memengaruhi hantaran suara. Pada saat pigmennya nggak ada, fungsi pendengaran kadang suka terganggu,” tutur dr Gita saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Namun patut diingat, gangguan pendengaran ini muncul bukan karena ada vitiligo di daerah telinga. dr Gita menjelaskan bahwa gangguan pendengaran ini merupakan efek dari vitiligo, di mana pun munculnya. Jadi meskipun vitiligo tak muncul di daerah telinga, melainkan di tangan atau kaki, gangguan pendengaran tetap menjadi salah satu risikonya.

Ada beberapa teori yang menjelaskan bahwa konsumsi vitamin B12 dan teh hijau bisa membantu mengatasi vitiligo. Menanggapi hal ini, dr Gita menyebutkan bahwa ada teori vitiligo berhubungan dengan pajanan oksidan, sehingga bisa disikapi dengan konsumsi antioksidan secara berkala, salah satunya dari konsumsi teh hijau atau vitamin B12.

“Tapi itu adalah salah satu faktor yang bisa mengurangi efek oksidan saja dan tidak bisa 100 persen mencegah vitiligo. Boleh saja saat terapi perawatan vitiligo dikonsumsi, mungkin bisa mengurangi kemungkinan itu (bercak -red) meluas, tapi tidak bisa 100 persen mencegah vitiligo,” tutur dr Gita.

 

Sumber: Detik