PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Emas stabil di atas $ 1.200

tetap-stabil-saat-ekonomi-bergejolak-buat-emas-jadi-istimewa

SINGAPURA, Reuters (23/12) – Emas berdetak sampai hari Senin ini setelah penurunan mingguan terbesar dalam sebulan terakhir, tetapi logam masih beresiko untuk jatuh kembali di bawah $ 1.200 per ons karena investor merasa cemas atas dampak dari stimulus tapering AS.

Spot emas naik tipis 0,1 persen menjadi $ 1,203.91 per ons pada 07.18 waktu setempat. Spot emas naik 1 persen di hari Jumat pada short-covering setelah kehilangan 4 persen dalam tiga sesi sebelumnya.

Emas turun 3 persen pada pekan lalu setelah the Fed mengatakan bahwa ekonomi AS cukup kuat untuk menskala kembali stimulus pembelian obligasi yang sangat besar, meredakan era uang mudah yang memperlihatkan reli emas ke posisi tertinggi sepanjang masa di $ 1,920.30 per ons pada tahun 2011.
Emas telah jatuh hampir 30 persen tahun ini setelah penskalaan kembali stimulus menyakitkan daya tarik dalam membatasi inflasi.

Hedge fund manager memangkas spekulasi bullish mereka pada emas hanya sedikit pada minggu ini sebelum tapering pertama kalinya dari stimulus moneter AS mengirim harga logam mulia ke posisi terendah dalam enam bulan terakhir, menurut data yang dirilis pada Jumat.

SPDR Gold Trust, exchange-traded fund emas terbesar di dunia, mengatakan kepemilikannya naik 5,40 ton menjadi 814,12 ton pada hari Jumat.Volume transfer emas antara rekening yang dimiliki oleh clearers bullion naik sebesar 22 persen menjadi rata-rata 24,2 juta ons per hari, kata London Bullion Market Association.(frk)