PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Yen Dekati Empat Bulan Tertinggi Terhadap Euro Ditengah Kekhawatiran Politik di Irak

Yen Investing

 

Yen mendekati empat bulan tertinggi terhadap euro seiring meningkatnya kekerasan di Irak yang mendorong spekulasi terganggunya pasokan minyak mentah dan mendorong daya tarik aset haven.
Mata uang Jepang menguat terhadap semua dari 16 mata uang utama setelah militer Irak menyerang gerilyawan Muslim Sunni yang telah merebut wilayah utara Baghdad untuk meredam perpecahan Negara itu. Mata uang Euro turun terhadap yen dan poundsterling jelang laporan yang ekonom katakana akan mengkonfirmasi perlambatan inflasi di kawasan itu selama periode Mei, meningkatkan kasus untuk dimunculkannya stimulus moneter tambahan yang akan cenderung untuk merendahkan mata uang euro nantinya.
Yen menguat 0,2 persen ke level 137,87 per euro pada pukul 11:01 siang di Tokyo setelah menguat ke level 137.73 pada tanggal 12 Juni, posisi terkuat sejak 6 Februari. Mata uang Jepang itu naik 0,2 persen ke level 101,85 per dolar. Euro sedikit berubah pada level US$ 1,3537 setelah turun 0,8 persen pekan lalu.
Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli naik sebanyak 63 sen menjadi US$ 107,54 per barel di perdagangan elektronik New York Mercantile Exchange dan tercatat berada di US$ 107,32. Kontrak tersebut naik 0,4 persen menjadi US$ 106,91 pada tanggal 13 Juni, yang merupakan level penutupan tertinggi sejak 18 September tahun lalu.

 

Sumber: Bloomberg